📖 Nabi Muhammad SAW. bersabda:

عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ ، قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص.م. اِنَّ بَنِيْ اِسْرَائِيْلَ تَفَرَّقَتْ عَليٰ ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِيْنَ مِلَّةً وَتَفْتَرَقَتْ اُمَّتِيْ عَليٰ ثَلاَثٍ وَسَبْعِيْنَ مِلَّةً كُلُّهُمْ فِيْ النَّارِ اِلاَّ مِلَّةً وَاحِيْدَةً قَالُوْا وَمَنْ هِيَ يَا رَسُوْلَ اللهِ ؟ قَالَ مَا اَنَا عَليْهِ وَاَصْحَبِيْ

“Dari Abdullah bin Amr berkata, “Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya umat Bani Israil terpecah belah menjadi tujuh puluh dua golongan. Dan umatku akan terpecah belah menjadi tujuh puluh tiga golongan, kesemuanya akan masuk neraka, kecuali satu golongan yang akan selamat. Para sahabat bertanya: Siapa satu golongan yang selamat itu wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: Yaitu golongan yang mengikuti ajaranku dan ajaran para sahabatku.” (HR Imam al-Tirmizi, 2565).

Secara etimologi aswaja dapat diartikan tradisi dan perjalanan Nabi SAW dan ijmak ulama. Sunnah artinya tradisi sedangkan jamaah artinya kumpulan/kelompok. Penganut ajaran ini dijamin oleh Rasulullah SAW sebagai yang tidak akan masuk neraka.

📖 Imam Abu Hasan Al As’ary disebut-sebut sebagai pendiri mahdzab Ahlusunnah Waljamaah ternyata merupakan anggapan yang keliru. Menurut Habib Ali Baqir Asaqqaf dalam kanal NU Online, akar sejarah Ahlusunnah Wal Jamaah tidak hanya dimulai dari dekade Abu Hasan Al-Asy’ari semata melainkan sebelum itu.

“Imam Haris Al-Muhasibi Al-Qolanisi dan Abdullah bin Said bin Qulab merupakan pejuang-pejuang Aswaja sebelum datangnya Imam Abu Hasan Al-Asy’ari. Sebetulnya pada zaman dahulu tidak ada kebingungan di dalam menentukan siapa itu Ahlussunnah Wal Jamaah. Baru akhir-akhir ini kembali dipertanyakan kembali,” jelasnya.

Sebagian ulama, kata Habib, memberikan kritik dalam penamaan Ahl Sunnah. Karena harusnya merujuk pada Ahl Quran.

“Mengapa kok bukan Ahl Qur’an? Dalam Hal ini, Al-Quran derajatnya lebih tinggi daripada sunnah. Dan kunci atau sunnah itu sebenarnya juga diambil dari Al-Quran,” jelasnya.

Lalu, lebih lanjut Habib menjelaskan, Mahdzab yang benar dinisbatkan kepada sunnah karena pada zaman dahulu bahkan mungkin pada zaman sekarang akan ada banyak orang-orang hanya mengambil pada Alquran saja. Yang kita kenal dengan nama madzhab Quraniyun.

“Jadi Ahl Sunnah sebenarnya lebih menegaskan bahwa jangankan Al-Quran, sunnah saja kami ambil. Jadi jangan menuduh Ahli Sunnah wal Jamaah tidak mengambil dari Al-Qur’an. Sebab, dalil yang derajatnya lebih rendah dari Al-Qur’an saja digunakan. Apalagi Al-Quran sebagai kunci dari Sunnah,” terangnya.

Al-Jamaah dalam segi bahasa maknanya adalah kelompok. Siapa orang yang selalu bersamaan dengan kelompok? Para Ulama menyebut kelompok ini adalah para sahabat.

“Bahwasanya, madzhab Ahlussunnah Waljamaah maknanya adalah orang yang mengambil sunnah dan semua dalil-dalil yang dilegitimasi oleh syariat dan tidak membenci sahabat,” jelasnya.

Sebab, lanjutnya, zaman dulu ada kelompok yang membenci para Sahabat Rasulullah. Dikatakan, Ahli Sunnah wal Jamaah ini kemudian menegaskan bahwa kelompok ini tidak membenci para Sahabat dan mengambil pendapat dari para sahabat.

———————

Lyrics:

Ahlussunnah Wal Jama’ah
Golongan yang dicintai Allah
Ahlussunnah Wal Jama’ah
Golongan yang dicintai Rasulullah

Siapakah Ahlussunah Wal Jama’ah di masa kini?
Mereka adalah pengikut para Ulama Pewaris Nabi.

Fiqihnya mengikuti:
• Imam Abu Hanifah
• Imam Malik
• Imam Syafi’i
• dan Imam Hanbali

Tauhidnya mengikuti:
• Imam Asy’ari
• dan Imam Maturidi

Tasawufnya mengikuti:
• Abu Yazid al-Busthami
• Asy-Syaikh ‘Abdul Khaliq al-Ghujdawani
• As-Sayyid Muhammad Bahauddin an-Naqsabandi
• Asy-Syaikh Ahmad al-Faruqi as-Sirhindi
• Al-Junaidi al-Baghdadi
• Hujatul-lslam Abu Hamid al-Ghazali
• Asy-Syaikh as-Suhrawardi
• Ma’ruf al-Karkhi
• Asy-Syaikh ‘Abdul Qadir al-Jailani
• dan lainnya.

Semoga Allah merahmati Guru-Guru kami semua.
Mengangkat derajatnya di Mata Tuhan setinggi-tingginya.

Note: Penulisan nama dan urutan para Imam Tasawuf berdasarkan teks dalam kitab Tanwirul Qulub yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

———————

Lyrics: Aldi
Music: AI Generated

Albali Studio
Broadcasting Beautiful Messages
Visit: https://albalistudio.com/

source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *