192. Tanda² Kedudukan/Maqam

Est. Baca: < 1 Menit

Hikmah 192 dlm Al-Hikam:

“Tanda² Kedudukan/Maqam”

مِنْ عَلَا مَا تِ إِقَا مَةِ الْحَقِّ لَكَ فِي الشَّيْءِ إِقَامَتُهُ إِيَّاكَ فِيْهِ مَعَ حُصُوْ لِ النَّتَائِجِ.

Di antara tanda Dia menempatkanmu pada satu kedudukan adalah ketika Dia menempatkanmu di dalamnya disertai buah yg nyata.

Sebagaimana sudah dijelaskan pada hikmah kedua tentang maqam tajrid dan maqam kasab, hikmah ini kembali menerangkan tentang tanda² orang yg berada di salah satu maqam tersebut.

Tanda orang yg di maqam tajrid yaitu:
Apabila Allah memudahkan bagimu kebutuhan hidup dari jalan yg tidak disangka-sangka, kemudian jiwamu tetap tenang ketika terjadi kekurangan, karena tetap ingat dan bersandar kepada Tuhan, dan tidak berubah dalam menunaikan kewajiban².

Tanda orang yg berada di maqam kasab yaitu:
Apabila Allah memudahkan kamu dalam usaha/bekerja mencari ma’isyah, dan dalam bekerja itu bisa selamat agamamu (ibadahmu).

Syarah Syaikh Abdullah asy-Syarqawi:

Di antara tanda bahwa Allah menempatkanmu dalam satu keadaan, antara bekerja atau menyucikan diri dengan ibadah, adalah ketika Dia memudahkanmu untuk mendapatkan sebab²nya dan melestarikanmu di sana. Dia menempatkanmu di sana dengan memberimu buah yg nyata dari perbuatanmu itu, seperti selamatnya agama atau adanya keuntungan dari hasil pekerjaanmu. Wallaahu a’lam

Share via
Copy link
Powered by Social Snap