176. Hijabnya Makhluk (1)

Est. Baca: < 1 Menit

Hikmah 176 dlm Al-Hikam:

“Hijabnya Makhluk”

إِنَّمَا حَجَبَ اْلحَقَّ عَنْكَ شِدَّةَُ قُرْبِهِ مِنْكَ

Yg membuat Allah terhijab darimu adalah karena kedekatan-Nya yg amat sangat kepadamu.

Bisa di maklumi, bahwa panca indera manusia itu sangatlah terbatas, contohnya mata untuk bisa melihat, haruslah tepat pada ukurannya, terlalu jauh tidak akan kelihatan begitu juga terlalu dekat, juga tidak akan kelihatan. Seperti kalau kita baca tulisan yg kita dekatkan dan menempel pada mata tentu tidak akan bisa terbaca.

Begitu juga Allah, kita tidak bisa melihat Allah, karena terlalu dekatnya Allah, Allah meliputi kita dengan cara yg sangat sempurna.

Allah Ta’ala berfirman: “Dan Aku lebih dekat (kepada mayit) dari pada kamu semua, akan tetapi kamu semua tidak tahu.”

Hikmah ini tidak bisa difahami dengan sempurna kecuali orang² yg mata hatinya sudah terbuka terang, yg bisa melihat pendhohiran Allah pada makhluk-Nya.

Syarah Syaikh Abdullah asy-Syarqawi:

Karena Allah Ta’ala begitu dekat denganmu, kau pun terhijab dari melihat-Nya. Adanya hijab, selain akibat jarak yg jauh, juga akibat jarak yg terlalu dekat. Telapak tangan, jika didekatkan ke mata, mata takkan dapat melihatnya. Lain halnya jika ia dijauhkan dan mata.

Demikian pula Tuhan, kita tidak bisa melihat-Nya karena Dia meliputi kita dan mendekatkan Diri-Nya kepada kita. Tak ada yg menyadari hal itu, kecuali para pemilik mata batin karena di mata mereka Allah amat tampak. Oleh sebab itu, Allah mengangkat hijab dari mereka sehingga mereka melihat-Nya ada pada segala sesuatu dan meliputinya. Wallaahu a’lam

Share via
Copy link
Powered by Social Snap