130. Manfaat² Shalat

Est. Baca: < 1 Menit

Hikmah 130 dlm Al-Hikam:

“Manfaat² Shalat”

الصلاةطهرة للقلوب من ادناس الذنوب واستفتاح لباب الغيوب

Shalat adalah pembersih hati dari kotoran dosa dan pembuka pintu kegaiban.

Rasulullah Saw. bersabda, “Sesungguhnya perumpamaan shalat itu bagaikan sungai yg mengalir di depan pintu rumah salah seorang, maka ia mandi di sungai itu tiap hari lima kali, apakah masih ada sisa kotorannya?” Jawab sahabat, “Tidak ada sisa kotoran sedikitpun.” Maka Rasulullah Saw. bersabda, “Demikian pula shalat lima waktu yg menghapuskan dosa.”

Shalat juga sebagai pemuka pintu ghaib, sebab bila hati telah bersih dan selalu berhubungan dengan Tuhannya, pasti lambat laun akan terbuka baginya tirai/pintu ghaib.

Syaikh Abdullah asy-Syarqawi mensyarah:

Shalat yg sesungguhnya ialah yg menjadi pembersih hati dari pengaruh dan kotoran duniawi dan dosa, serta sifat² lain yg menjauhkan pelakunya dari pandangan kepada Tuhan Yang Maha Perkasa.

Shalat juga merupakan pembuka pintu sesuatu yg tak pernah kau miliki, yaitu berupa makrifat dan rahasia² Ilahi. Makrifat dan rahasia Ilahi ini di umpamakan dengan harta karun yg tertutup rapat. Jika hati sudah dibersihkan, tutupnya akan diangkat sehingga ia bisa melihat rahasia² ghaib yg tak bisa dilihatnya. Wallaahu a’lam

Share via
Copy link
Powered by Social Snap