Est. Baca: < 1 Menit

Hiss atau indrawi, adalah keberadaan kehidupan sebagai suatu yang padat, ketebalannya. Sedangkan makna atau arti, adalah kehidupan sebagai kehalusan, oleh karenanya benda-benda itu sendiri tidak memiliki ke-benda-an, karena bukanlah demikian, hingga mereka dikenali. Sekali dikenali mereka diubah oleh mereka yang mengenalinya. Maka hiss senantiasa terus menerus berubah menjadi makna. Yang satu tidak bisa diperhatikan tanpa yang lain.

Shaykh Moulay Abdalqadir al-Jaylani pernah membandingkan alam semesta sebagai salju, yang bentuk terpisah tidak terhingga individualnya itu, sebenarnya adalah satu air. Setiap keadaan adalah benar, dan semua bersesuaian terhadap hukum-hukum yang mengatur apa yang tampak dari sudut pandangnya itu. Sidi Ali al-Jamal berkata pada kitabnya The Meaning of Man :

“Ketahuilah bahwa benda-benda indrawi terdiri dari dua: benda-benda dan segala yang berlawan dengannya. Demikian pula perihal makna, juga ada dua: maknanya dan segala yang berlawanan dengannya. Masing-masing adalah keberadaan sesuatu itu…”

Rabb benda-benda indrawi adalah Rabb maknawi. Ketetapan hukum atas benda-benda indrawi adalah ketetapan hukum atas maknawi. Obatnya untuk makna-makna adalah obatnya untuk benda-benda indrawi, walaupun makna-makna itu adalah suatu penyatuan dan benda-benda indrawi adalah pemisahan. Penyatuan dari penyatuan menyatukan semua. Penyatuan yang menyatukan apa yang disatukan adalah benar, dan apa yang memisahkan apa yang dipisahkan adalah benar dalam sebuah kebenaran dalam sebuah kebenaran dalam sebuah kebenaran.

Di tahap ini, si faqir haruslah mengenali bahwa benda-benda dan karenanya kejadian (interaksi benda-benda), tidak bisa dijelaskan dalam ihwal* mereka sendiri namun harus dibaca kedalam makna-maknanya. Sebagaimana dengan tiga serangkai utama syari’at, tariqat, dan haqiqat, si faqir akan bergerak dari dua hal berlawanan ini kepada sebuah terminologi yang semakin mendalam, ketika ia bergerak laju dari doktrin ke pengalaman.


Catatan :

*) ih·wal n hal; perihal

Sumber: 100 Langkah

Share via
Copy link
Powered by Social Snap